Waspada Empat Faktor Pemicu Kebencian

11 April 17:07 | Dilihat : 526
Waspada Empat Faktor Pemicu Kebencian Ilustrasi

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah: Empat hal yang akan mendatangkan kebencian yaitu, Kesombongan, Kedengkian, Kedustaan, dan Mengadu domba. (Zaadul Maad 4/378)

Kesombongan.

Sombong  adalah sifat manusia yag menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain, dan ini adalah salah satu dari bencana yang disebut ujub. Saat manusia mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan ujubnya, maka ini disebut sombong atau angkuh.

Kesombongan merupakan sebab-sebab lahirnya kebencian dan penghinaan manusia.selain itu, dapat mengalihkan pandangan mata seseorang dari perhatiannya terhadap kekurangan-kekurangannya sendiri. Orang yang sombong melupakan dosa-dosanya dan mengakibatkan beberapa kerugian bagi dirinya, karena melupakan dosa yang membuat seseorang berhenti untuk bertaubat kepada Allah dan mengundang kemurkaanNya

Sebagaimana hal ini Allah jelaskan dalam Al-Qur’an surat an Najm ayat 32: Allah berfirman, ”janganlah menganggap diri kalian itu suci. Allah lebih mengetahui orang-orang yang bertakwa kepada-Nya.” (Q.S.an Najm:32)

Kedengkian

Kedengkian itu pasti menimbulkan kebencian dan permusuhan, keduanya tidak dapat dibeda-bedakan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melabelkan kedengkian itu dengan penyakit umat. Beliau bersabda, ”Penyakit umat terdahulu telah mewabah kepada kalian, yaitu kedengkian dan kebencian.'" (HR. Tirmidzi).

Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam(dalam suatu hadits) memberikan perbandingan antara kedengkian dan kebencian. Karena, orang yang dengki itu pertarna-tama tidak menyukai karunia Allah yang diberikan kepada orang lain, kemudian berganti menjadi membencinya. Sebab, adanya kebencian itu mengharuskan adanya yang dibenci.

Kedustaan

Kemaksiatan yang ditimbulkan dari kemaluan adalah zina, dan kemaksiatan yang ditimbulkan oleh lisan adalah dusta.
Terkadang dengan lisannya seseorang mengucapkan kata-kata tanpa dipertimbangkan dan dipikirkan sebelumnya, sehingga menimbulkan fitnah dan kemudharatan yang banyak bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Diantara sebab terbanyak yang menyebabkan anak Adam terjerumus ke lembah kemaksiatan, adalah mereka tidak menjaga dua hal yaitu lidah dan kemaluannya. Sehingga Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah bersabda :"Barangsiapa yang mampu menjaga apa yang terdapat diantara dua janggutnya dan apa yang ada diantara dua kakinya, maka aku jamin akan masuk surga." (Muttafaqun 'Alaih).

Mengadu Domba 

Sifat ini sangat dijauhi oleh fitrah yang suci dan perangai yang baik. Berapa banyak sifat ini telah mencabik-cabik pelakunya, menyalakan fitnah, mengobarkan kemarahan yang jauh dari kehormatan orang-orang muslim, sehingga ia menjadi penjilat. Oleh karena itu, sifat ini termasuk kategori dosa besar yang dapat mendatangkan siksa kubur bagi pelakunya sebelum ia diproses.

Dari Hudzaifah r.a. bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Tidak akan masuk surga orang yang mengadu domba.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wallahu a'lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

0 Komentar