Tobat di Pagi dan Petang Hari

Kamis, 02 Juni 2016 - 07:44 WIB | Dilihat : 2305
Tobat di Pagi dan Petang Hari Ilustrasi berdoa minta ampun
Allah ta'ala berfirman:
 
(وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ) [سورة الحجرات 11]

"Dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim." [Qs. Al-Hujurat: 11].
 
Manusia tidak lepas dari kesalahan, besar maupun kecil, disadari maupun tanpa disengaja. Apalagi jika hawa nafsu mendominasi jiwanya. Ia akan menjadi bulan-bulanan berbuat kemaksiatan. Ketaatan, seolah tidak memiliki nilai berarti.
 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
 
كُلُّ بَنِيْ آدَمَ خَطَاءٌ وَ خَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّبُوْنَ. رَوَاهُ التِّرْمـِذِيُّ
 
Setiap anak adam (manusia) berbuat kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah yang bertobat. [HR At Tirmidzi, no.2499 dan dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ Ash Shaghir, no. 4391]
 
لَوْ أَنَّ الْعِبَادَ لَمْ يُذْنِبُوْا لَخَلَقَ اللهُ الْخَلقَ يُذْنِبُوْنَ ثُمَّ يَغْفِرُ لَهُمْ رَواه الْحَاكِمُ
 
Seandainya hamba-hamba Allah tidak ada yang berbuat dosa, tentulah Allah akan menciptakan makhluk lain yang berbuat dosa kemudian mengampuni mereka. [HR Al Hakim, hlm. 4/246 dan dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Shahihah, no. 967]
 
Berkata Al-Hafizh Ibnu Rajab rahimahullah: Masuklah di waktu pagi sebagai orang-orang yang bertaubat dan masuklah di waktu sore sebagai orang-orang yang bertaubat!
 
Mengisyaratkan bahwa seorang mukmin tidaklah sepatutnya masuk di waktu pagi dan petang melainkan di atas taubat, karena dia tidaklah mengetahui kapan dia akan dikejutkan oleh kematian di waktu pagi atau pun sore hari, maka barangsiapa masuk di pagi hari atau sore hari tanpa bertaubat, sejatinya dia berada di atas sebuah bahaya karena dia dikhawatirkan akan berjumpa dengan Allah tanpa bertaubat sehingga akan dikumpulkan ke dalam kumpulan orang-orang zhalim.
 
Wallahu a'lam
 
Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia
0 Komentar